Pasangan Rusia Dinyatakan Positif, Yulfira/Febby Otomatis ke Perempat Final

Ganda putri Indonesia, Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani. (Foto: PP PBSI)
Ganda putri Indonesia, Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani. (Foto: PP PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah mengonfirmasi bahwa ganda putri Rusia, Anastasiia Akchurina/Olga Morozova telah ditarik mundur dari kejuaraan Spain Masters 2021 BWF World Tour Super 300 karena dinyatakan positif terjangkit virus korona. Karena harus menjalani isolasi, maka tiket ke perempat final otomatis menjadi milik pasangan Indonesia, Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani.

“Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dapat mengonfirmasi bahwa dua pemain telah ditarik dari Spanyol Masters 2021 setelah salah satu pemain dinyatakan positif COVID-19. Dua pemain ganda putri Rusia ditarik setelah satu dinyatakan positif usai mengikuti tes swab PCR wajib yang dilakukan pada hari Minggu (16/5). Untuk itu, pemain telah diminta untuk mengisolasi diri,” tulis pernyataan resmi BWF di bwfbadminton.com.

Selain Akchurina/Morozova, BWF juga meminta kepada sang pelatih untuk turut menjalani isolasi. Sebab, mereka diidentifikasi telah melakukan kontak dekat. “Protokol kesehatan dan pengujian terus dilaksanakan otoritas kesehatan Spanyol, Federasi Bulutangkis Spanyol (FESBA) dan BWF untuk memastikan kesehatan dan keselamatan semua peserta,” tulis BWF lagi.

Sebelum otomatis melaju ke perempat final Spain Masters 2021 BWF World Tour Super 300, Yulfira/Febby berhasil melewati babak pertama dengan mengalahkan rekan senegaranya, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dengan skor 21-13 dan 21-18 pada pertandingan yang berlangsung di Palacio de Deportes Carolina Marín, Huelva, Spanyol, Selasa (18/5).

Andai berjalan lancar, Yulfira/Febby punya kemungkinan kembali bentrok dengan ganda putri Indonesia di perempat final, Nita Violina Marwah/Putri Syaikah. Itu pun kalau Nita/Putri berhasil mengalahkan wakil Swedia, Johanna Magnusson/Clara Nistad di babak 16 besar nanti.