(New Zealand Open) Tiga Tunggal Putra ke 16 Besar

Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) menyambut pengembalian.
Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) menyambut pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tiga dari lima pebulutangkis tunggal putra Indonesia akhirnya mampu mengamankan tempat di babak 16 besar New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300, Rabu (1/5). Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto menjadi wakil merah putih yang berhasil melewati babak pertama dengan kemenangan dua game langsung.

Bertanding di Eventfinda Stadium Auckland, Selandia Baru, Anthony yang menyandang status unggulan satu, menjadi tunggal putra Indonesia pertama yang memastikan diri lolos ke babak dua New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300 lewat kemenangan 21-19 dan 21-17 atas wakil Perancis, Brice Leverdez.

Selanjutnya giliran Jonatan Christie yang berhasil melangkah ke babak 16 besar setelah mengalahkan kompatriotnya, Shesar Hiren Rhustavito dengan skor 21-12 dan 21-10 dalam kurun waktu 26 menit. Sedangkan Tommy Sugiarto menjadi wakil tunggal putra Indonesia terakhir yang lolos ke babak berikutnya. Berstatus unggulan dua, Tommy menang 21-11 dan 21-15 atas wakil Tiongkok, Lu Guangzu.

Kemenangan Tommy atas Lu lantas memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-3. Dalam laga tersebut, Tommy belajar dari tiga kekalahan sebelumnya. Tommy bermain lebih taktis dan tidak mengikuti permainan Lu Guangzu yang bermain cepat. Tommy bahkan mampu bermain lebih sabar dalam memainkan bola-bola panjangnya.

Di sisi lain, langkah Ihsan Maulana Mustofa harus terhenti di babak pertama New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300 setelah dipaksa menyerah dalam pertarungan tiga game atas tunggal putra Malaysia, Chong Wei Feng dengan skor 21-17, 13-21 dan 16-21.

Anthony akan langsung melawan Chong Wei Fei di babak dua New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300. Sementara Jonatan yang merupakan unggulan ketiga, akan berhadapan dengan wakil Taiwan, Wang Tzu Wei. Sedangkan Tommy akan ditantang tunggal putra India, Prannoy H.S di laga selanjutnya.