Momota Sudah Pulih 100% dan Kembali Pada Level Normalnya

Kento Momota (Jepang) saat melakukan pemanasan sebelum bertanding.
Kento Momota (Jepang) saat melakukan pemanasan sebelum bertanding.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Kepala Pelatih tim nasional bultangkis Jepang, Park Joo Bong menuturkan bahwa pebulutangkis tunggal putra andalannya, Kento Momota dipastikan sudah pulih 100 persen pasca kecelakaan lalu lintas yang dialaminya selepas menjuarai Malaysia Masters 2020 BWF World Tour Super 500, Januari lalu. Bahkan menurut Joo Bong, Momota sudah kembali pada level normalnya sebagai pemian nomor satu dunia.

“Saya pikir dia sudah kembali ke level normalnya. Saya telah meminta tim pelatih untuk mengunjunginya di klubnya beberapa kali. Latihannya pun sudah berjalan dengan baik. Dia hampir pasti datang ke turnamen Denmark Open 2020,” kata Park Joo Bong sebagaimana dilansir situs resmi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), bwfbadminton.com.

Momota sejatinya bakal turun di ajang Denmark Open 2020 BWF World Tour Super 750, pekan lalu. Namun beberapa hari jelang turnamen tersebut, Momota berserta 14 pemain Jepang lainnya memutuskan untuk menarik diri karena alasan kesehatan dan keselamatan. Alhasil, dia pun batal tampil setelah absen lebih dari sembilan bulan lamanya.

“Sebenarnya semua pemain sudah siap untuk datang (ke Denmark Open). Kami telah memulai kembali latihan pada 1 Oktober untuk mempersiapkan diri jelang Denmark Open 2020. Kemudian hanya beberapa hari sebelum turnamen, terjadi lonjakan jumlah (kasus positif virus korona) di Denmark, dan pemilik klub meminta agara para pemain untuk tidak berangkat,” jelasnya.

“Kami telah mengkonfirmasi semuanya, mulai dari hotel, tiket penerbangan dan semuanya telah dikonfirmasi. Tetapi pada menit terakhir, semua situasinya berubah. Hanya ada enam pemain yang tetap memutuskan untuk datang. Jadi kami memiliki enam pemain dan empat pelatih serta satu fisio,” lanjutnya menambahkan.

Meski batal turun dalam kekuatan penuh, Jepang tetap berhasil meraih dua gelar juara di ajang Denmark Open 2020 BWF World Tour Super 750 melalui tunggal putri Nozomi Okuara dan ganda putri Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.