Malaysia Open 2023 - Indonesia Sisakan Lima Wakil di Perempat Final

Hendra Setiawan & Mohammad Ahsan (Humas PP PBSI)
Hendra Setiawan & Mohammad Ahsan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia menyisakan lima wakil di babak delapan besar turnamen bulu tangkis Malaysia Open 2023 yang digelar pada Jumat (13/1) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Lima wakil tersebut lolos dari total 14 wakil "Merah Putih" yang tampil pada babak kedua turnamen level Super 1000 tersebut. Dari sektor ganda putra yang selalu menjadi andalan dalam berbagai turnamen, Indonesia hanya memiliki dua wakil tersisa dari enam pasangan.

Dua pasangan tersebut adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang mengalahkan wakil Jerman Mark Lamsfuß/Marvin Seidel, serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang memenangi perang saudara melawan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Rambitan. "Tidak mudah lawan teman sendiri. Maklum, sering latihan bareng. Karena masing-masing sudah tahu kekurangan dan kelebihan," kata Hendra, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Kamis (12/1).

"Cuma Yere, kan, baru sembuh dari cedera. Saya pun juga tidak tahu bagaimana sembuhnya," tambahnya.

"Alhamdulillah bisa menang, walaupun lawan teman sendiri. Tadi kami main normal saja. Karena segala kelemahan dan keunggulan masing-masing, sudah tahu," Ahsan, menambahkan.

Sementara, mantan ganda putra nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo alias "Minions" gagal melangkah lebih jauh setelah takluk kepada pasangan China Liang Wei Keng/Wang Chang.

Kekalahan juga dialami Leo/Daniel dan Bagas/Fikri yang kalah dua gim langsung dari ganda putra unggulan yang berperingkat di atas mereka.

Antara melaporkan, pada nomor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting menjadi harapan satu-satunya tim "Merah Putih" dalam Malaysia Open 2023 setelah Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo tersingkir dari turnamen ini.

Jonatan kembali ditaklukkan tunggal putra Kenta Nishimoto setelah sebelumnya kalah pada pertemuan terakhirnya dalam babak kedua Japan Open 2022. Sedangkan Chico masih kesulitan mengatasi wakil India Prannoy H.S.

Pada ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti terus menjaga harapan mempertahankan gelar juara Malaysia Open dengan menyingkirkan pasangan peringkat ketiga dunia asal Korea Selatan, Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong.

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi tampil buruk dan tak berkutik di hadapan pasangan nomor satu dunia asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan sehingga kalah telak 7-21, 9-21.

Selanjutnya, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, satu-satunya pasangan non-pelatnas, menjadi wakil Indonesia tersisa dari nomor ganda campuran. Dejan/Gloria melaju ke perempat final seusai mengalahkan unggulan kelima asal Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet. Ini menjadi perempat final perdana Dejan/Gloria dalam turnamen level Super 1000 BWF sekaligus pencapaian terbaik mereka sejak keduanya dipasangkan setahun lalu.

Sementara, Indonesia gagal mengirimkan satu-satunya wakil tunggal putri menyusul kekalahan Gregoria Mariska Tunjung dari wakil Taiwan Wen Chi Hsu.

Berikut jadwal pertandingan para wakil Indonesia di babak delapan besar Malaysi Open 2023, Jumat (13/1):

Lapangan 1
Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan/3) vs. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
Kanta Tsuneyama (Jepang) vs. Anthony Sinisuka Ginting (6)
Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan) vs. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (5)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (3)
vs. Ong Yew Sin [8]/Teo Ee Yi (Malaysia/8)

Lapangan 2
Kim Won Ho/Jeong Na Eun (Korea Selatan) vs. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja