Langgar Peraturan BAM, Pebulutangkis Malaysia Ini Dapat Hukuman

Iskandar Zulkarnain Zainuddin.
Iskandar Zulkarnain Zainuddin.
Internasional ‐ Created by AH

Pemain tunggal putra Malaysia, Iskandar Zulkarnain Zainuddin, dijatuhi hukuman oleh Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) karena melakukan tindakan indisipliner.

Pebulutangkis berusia 27 tahun tersebut kedapati merokok saat mengikuti gelaran Piala Thomas 2018 lalu di Thailand. Akibatnya, ia menerikma sanksi dari BAM dan denda dari hotel tempatnya saat itu menginap.

Akibat perbuatannya tersebut, BAM akan memotong 50 persen gaji Iskandar di bulan depan. Hal ini dilakukan karena Iskandar sudah melanggar aturan BAM tentang larangan merokok dan juga denda yang diberikan oleh pihak hotel sebesar 3 ribu Baht, atau sekitar Rp 1,3 juta karena merokok di dalam kamar.

"Komite telah memberi sanksi Iskandar Zulkarnain berupa satu kali pemotongan uang saku bulanan sebesar 50 persen," tutur Komite Peraturan, Disiplin, dan Integritas BAM, dikutip dari Badminton Planet.

BAM sendiri memberlakukan peraturan ketat bagi para pemainnya. Salah satunya adalah melarang para pebulutangkis Malaysia untuk terlibat aktivitas judi atau merokok. BAM pun akan secara rutin melakukan tes nikotin kepada para pemainnya.

Iskandar menambah panjang daftar pebulutangkis Malaysia yang melanggar peraturan. Setelah baru-baru ini dua pebulutangkis mereka diberi hukuman berat oleh BWF usai terbukti terlibat pengaturan skor.