(Korea Open) Dipaksa Rubber, Kevin/Marcus Tetap Menang

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) bersiap menghadang serangan.
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) bersiap menghadang serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Ganda putra peringkat satu dunia asal Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon harus dipaksa bermain tiga game saat melakoni laga perdananya di ajang Korea Open 2019 BWF World Tour Super 500 kontra pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Bertanding di Incheon Ariport Skydome, Rabu (25/9), The Minions akhirnya mampu memetik kemenangan dengan skor 22-24, 21-10 dan 21-13.

Kevin/Marcus harus lebih dulu kehilangan game pertama. Sebetulnya, pasangan unggulan pertama di turnamen ini punya peluang untuk mengamankan kemenangan di game pembuka saat unggul match poin 20-18. Tapi secara tak terduga, Chia/Soh perlahan mampu mengejar ketertinggalannya dan justru berhasil merebut game pertama.

Namun memasuki game kedua Kevin/Marcus mampu mengatasi pasangan peringkat 13 dunia itu dengan relatif mudah. Pun demikian dengan pertarungan di game penentu hingga akhirnya Kevin/Marcus memastikan kemenangannya dan lolos ke babak 16 besar.

“Mereka nggak gampang mati, defendnya rapat dan depannya bagus juga. Terus satu dua poinnya saat servis mereka bagus. Kita tadi lengah waktu di game pertama,” ungkap Marcus Fernaldi Gideon selepas pertandingan.

Di babak dua Korea Open 2019 BWF World Tour Super 500, The Minions akan kembali bersua wakil Malaysia. Kali ini, Kevin/Marcus harus meladeni perlawanan Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Dari total enam kali pertemuan sebelumnya, ganda putra andalan Indonesia ini tercatat sudah mengoleksi lima kemenangan. Pekan lalu, saat saling bentrok di ajang China Open 2019 BWF World Tour Super 1000, Kevin/Marcus menang dua game langsung dengan skor 21-15 dan 21-17.

Meski demikian, Kevin/Marcus mengaku akan tetap waspada dalam menghadapi laga berikutnya itu. “Paling fokusnya harus lebih ditingkatkan lagi, sama kalau sudah unggul nggak boleh lengah. Mereka punya smash yang bagus, pukulannya kencang dan nggak gampang mati,” kata Kevin Sanjaya Sukamuljo.

“Pengennya bisa juara, tapi besok kan lawannya juga bagus. Jadi fokus satu-satu dulu saja,” sambar Marcus menambahkan.

Selain Kevin/Marcus, ganda putra Indonesia juga telah meloloskan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso ke babak dua Korea Open 2019 BWF World Tour Super 500. Wahyu/Ade menang 22-20, 20-22 dan 21-18 atas wakil Taiwan, Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan.