Kejuaraan Eropa 2020 Digeser ke Tahun Depan

Viktor Axelsen (Denmark).
Viktor Axelsen (Denmark).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) kembali merilis jadwal terbaru akibat dampak pandemi COVID-19. Jumat (5/6), secara resmi BWF telah mengumumkan jika pelaksanaan Kejuaraan Eropa 2020 di Kiev, Ukraina yang awalnya diagendakan pada 21 hingga 26 April lalu akan digeser ke tahun depan. Yakni pada 27 April sampai 2 Mei 2021.

“Saya senang bahwa kita akan memiliki kesempatan untuk membawa pemain terbaik Eropa ke Kiev pada 2021 mendatang. Karena situasi COVID-19, jadi akan tidak memungkinkan untuk digelar pada 2020 ini,” kata Presiden Konfederasi Badminton Eropa (BEC), Peter Tarcala dilansir situs resmi BWF, bwfbadminton.com.

Meski diundur setahun, namun turnamen bulutangkis tertinggi di benua biru itu akan tetap bertajuk Kejuaraan Eropa 2020. Pasalnya, kejuaraan ini akan tetap masuk ke dalam rangkaian kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 yang juga digelar 2021 mendatang.

“Federasi Bulutangkis Ukraina telah bekerja keras dengan persiapan untuk membuat acara ini sukses. Jadi saya juga berterima kasih kepada Presiden Bulutangkis Ukraina, Oleksii Dniprov dan timnya karena gigih. Sebagai gantinya, kami ingin menggelar pada 2021,” jelasnya.

“Tidak ada keraguan bahwa para pemain dan penggemar akan menantikan untuk mengunjungi Kiev tahun depan. Mereka akan mengunjungi kota yang indah dan mereka akan disambut tuan rumah yang ramah,” lanjutnya menambahkan.

Sementara itu, Presiden Federasi Bulutangkis Ukraina (UBF), Dniprov mengatakan, merevisi jadwal pelaksanaan Kejuaraan Eropa 2020 adalah satu-satunya solusi yang paling memungkinkan.

“Dengan kerja sama erat bersama mitra kami, kami mengambil keputusan bahwa solusi terbaik adalah menjadi tuan rumah Kejuaraan Eropa di Kiev pada April 2021. Tujuan kami adalah mengatur kejuaraan terbaik dan tim kami bekerja keras untuk mewujudkannya. Itu sebabnya kami ingin memastikan bahwa penonton memiliki kesempatan untuk hadir. Saya mendapat kehormatan untuk mengundang semua penggemar bulutangkis dari seluruh dunia ke Kiev pada April 2021!” kata Dniprov.