Jojo Bersiap Hadapi BWF World Tour Finals 2022

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Jonatan Christie adalah salah satu dari lima wakil Indonesia dari tiga sektor ke BWF World Tour Finals (WTF) 2022 yang bakal dilangsungkan di Bangkok, Thailand. Ini merupakan kesempatan kali kedua bertanding di turnamen penutup musim, bagi atlet tunggal putra "Merah Putih" yang akrab disapa Jojo tersebut. Ia pun berharap dapat menempati posisi unggulan pada turnamen yang berlangsung pada 7-11 Desember itu.

"Puji Tuhan ini BWF World Tour Finals kedua saya," tuturnya melalui siaran pers Humas PP PBSI, belum lama ini.

"Syukur-syukur, kalau bisa mendapat seeded di WTF nanti," Jojo, menambahkan.

Jelang BWF WTF 2022, Jojo bertanding di tiga turnamen dalam rangkaian tur Eropa yang diikuti tim bulu tangkis Indonesia, yaitu Denmark Open 2022, French Open 2022, serta Hylo Open 2022.

Jojo mengalami cedera di Prancis kala berhadapan dengan wakil Jepang Kodai Naraoka. Laju Jojo terhenti di babak delapan besar karena cedera pergelangan kaki kanan saat berjuang di gim ketiga. Unggulan kedelapan itu mengakhiri laga setelah bertarung selama 78 menit dengan skor akhir 21-14, 14-21, 13-17.

Ia berupaya bangkit pada turnamen berikutnya di Hylo Open 2022 di Jerman, sebelum dihentikan di perempat final oleh pebulu tangkis India, Kidambi Srikanth, dengan straight games 13-21, 19-21. "Saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat poin. Setelah kejadian cedera engkel di French Open, saya berpikir yang penting bisa berlaga di BWF World Tour Final terlebih dahulu," ungkap Jojo usai pertandingan.

"Secara keseluruhan dari hasil tur Eropa ini memang ada beberapa kondisi seperti pada Denmark Open dan Hylo Open karakter shuttlecock sangat kencang dan itu memang harus dituntut lebih agresif di permainan depan. Berbeda dengan di French Open, saya harus punya endurance lebih kuat lagi dengan siap capek serta kualitas pukulan diperbaiki. Itu menjadi evaluasi saya," Jojo, menjelaskan.

Selain Jojo, Indonesia juga diperkuat Anthony Sinisuka Ginting pada nomor tunggal putra. Sementara, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pada sektor ganda putra, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang menjadi satu-satunya wakil "Merah Putih" di sektor ganda campuran.