(Japan Open) Dipaksa Rubber Game, Kevin/Marcus Tetap ke Semifinal

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dipaksa bermain tiga game sebelum akhrinya memastikan tiket ke babak semifinal Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750 lewat kemenangan 21-14, 22-24 dan 21-15 atas ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada pertandingan yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jumat (26/7).

The Minions sempat kehilangan game kedua setelah kalah dalam adu setting. Secara mengejutkan, Aaron/Soh mampu tampil agresif dan memberikan tekanan kepada Kevin/Marcus. Namun memasuki game ketiga, Kevin/Marcus kembali mendominasi jalannya pertandingan. Ganda putra peringkat satu dunia ini bahkan sempat unggul 18-9 sebelum akhirnya mengunci kemenangan di game ketiga dengan skor 21-15.

“Di game pertama kita bermain cukup baik, di game kedua juga sudah unggul terus, tapi kita kemudian banyak melakukan kesalahan sendiri dan lawannya lebih nggak gampang dimatikan. Bukan cuma lawan mereka, tapi kita harus siap lawan siapapun juga, sudah antisipasi bakal ramai. Sekarang kekuatan sudah merata, jadi antisipasinya ramai,” jelas Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Meski menang, Marcus Fernaldi Gideon lantas memuji penampilan Aaron/Koh yang mampu tampil impresif, khususnya pada game kedua. “Mereka defense-nya bagus, nggak gampang mati. Di akhir game kedua, kita buru-buru ingin menyelesaikan, tapi kita malah membuat kesalahan sendiri,” kata Marcus.

“Kita lebih mengontrol lawan di game ketiga, kita tidak mau cepat-cepat mematikan lagi, soalnya mereka nggak mudah dimatikan dalam satu-dua-tiga pukulan. Kita harus lebih sabar,” lanjut Marcus menambahkan.

Kemenangan ini sekaligus menyusul menyusul keberhasilan kompatriotnya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang mampu menembus babak semifinal Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750 lewat kemenangan 21-17, 19-21 dan 21-19 atas ganda putra Korea, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol.

Di babak semifinal, The Minions akan berhadapan dengan ganda putra Tiongkok, Li Junhui/Li Yuchen. Sedangkan Hendra/Ahsan akan melawan wakil tuan rumah, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Selain Kevin/Marcus dan Hendra/Ahsan, Indonesia juga berhasil meloloskan pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di sektor ganda campuran, serta Jonatan Christie di nomor tunggal putra, yang sukses menumbangkan wakil Denmark, Anders Antonsen dengan skor 21-12 dan 21-14.