Indonesia Masters 2023 - Axelsen Absen

Viktor Axelsen (Humas PP PBSI)
Viktor Axelsen (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Atlet bulu tangkis dari Denmark, Viktor Axelsen, menyatakan absen untuk bermain di Indonesia Masters 2023 yang akan digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 24-29 Januari. Pemain berperingkat satu dunia itu batal terbang ke Jakarta lantaran masalah kesehatan. Sementara, Rasmus Gemke --rekan senegara Axelsen-- yang mengalami cedera pada bagian kakinya juga absen. Gemke mundur dari India Open 2023 saat berhadapan dengan Axelsen di babak delapan besar.

"Saya tidak akan pergi ke Indonesia pekan depan. Saya sudah menantikan untuk bermain di Istora, di hadapan penggemar bulu tangkis Indonesia. Namun, tubuh saya sepertinya tidak siap untuk bertanding lagi pekan depan. Terima kasih atas dukungannya," kata Axelsen, dikutip dari akun Twitter-nya.

Antara melaporkan, Senin (23/1), Axelsen baru-baru ini meraih titel kampiun Malaysia Open 2023 pada 15 Januari. Namun, ia harus menelan kekalahan di final India Open 2023 pada Minggu (22/1), saat melawan Kunlavut Vitidsarn dari Thailand. Vitidsarn menang dramatis melalui rubber game dengan skor 20-22, 21-10, 12-21 dalam tempo 64 menit.

Vitidsarn, 21 tahun, membuat kejutan dengan menjuarai turnamen India Open 2023 dengan mengalahkan peringkat satu dunia Viktor Axelsen pada final di New Delhi.

Kunlavut tidak hanya menjuarai turnamen berlevel BWF Super 750 untuk kali pertama, ia juga mampu menghentikan Axelsen yang selama ini sulit ditaklukkan oleh pebulu tangkis lainnya. Kunlavut juga mencatatkan kemenangan pertama atas Axelsen setelah selalu kalah dalam enam pertemuan sebelumnya.

Dalam kurun dua tahun terakhir, Axelsen telah menjadi pebulu tangkis tunggal putra yang sangat superior dibanding lawan-lawannya. Namun, aksi Kunlavut yang kini menempati peringkat delapan dunia itu mengundang decak kagum.