Hylo Open 2021 - Praveen/Melati Gagal di Final

Melati Daeva Oktavianti & Praveen Jordan (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Melati Daeva Oktavianti & Praveen Jordan (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti harus puas dengan menjadi runner-up Hylo Open 2021, setelah ditaklukkan pasangan Thailand unggulan teratas Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerartanachai. Dalam pertandingan yang digelar di Saarbrücken, Jerman, Minggu (7/11), Praveen/Melatih gagal menyebat gelar juara dalam turnamen BWF level Super 500 itu setelah dikalahkan dua gim langsung 20-22, 14-21 dalam tempo 42 menit.

Kekalahan itu menjadi yang keenam kalinya bagi Praveen/Melati dari 10 pertemuannya melawan Dechapol/Sapsiree.

Ganda campuran andalan Indonesia tersebut sebelumnya juga kalah dari pasangan peringkat tiga dunia Dechapol/Sapsiree dalam babak semifinal Denmark Open 2021 pada Oktober lalu.

Praveen/Melati sejatinya membuka keunggulan pada gim pertama. Namun, kesalahan yang banyak dilakukan juara All England 2020 itu, membuat mereka tertinggal 8-11 pada interval pertama.

Usai jeda, seperti dilaporkan Antara, giliran pasangan Thailand yang membuang poin secara cuma-cuma kepada Praveen/Melati.

Praveen/Melati baru mampu menyamakan kedudukan di angka 17-17 berkat smes dari Praveen. Sayangnya, ganda campuran peringkat lima dunia tersebut tampak terburu-buru saat poin-poin kritis sehingga gagal mengamankan match point lebih awal.

Pengembalian bola menyilang dari Praveen memaksakan deuce 20-20. Namun, Dechapol/Sapsiree berhasil merebut dua poin berikutnya untuk menuntaskan gim pertama dengan skor 22-20.

Pertandingan alot kembali terjadi pada awal gim kedua. Kedudukan bahkan sempat beberapa kali imbang sebelum Dechapol/Sapsiree memimpin 11-8 menjelang jeda.

Setelah interval, pasangan Indonesia yang merupakan unggulan kedua turnamen, tampil dalam tekanan di tengah serangan yang terus dilancarkan pasangan Thailand. Namun, kerap serangan mereka gagal dikembalikan oleh Praveen/Melati.

Poin Praveen/Melati terhenti di angka 14 sebelum pengembalian kok dari Melati yang menyangkut di net, mengakhiri gim kedua untuk kemenangan Dechapol/Sapsiree.