(Hong Kong Open) Jonatan: Anthony Memang Lebih Berani

Jonatan Christie (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Jonatan Christie (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie harus mengakui keunggulan rekan senegaranya, Anthony Sinisuka Ginting saat tumbang 20-22, 21-13 dan 18-21 pada duel di babak semifinal Hong Kong Open 2019 BWF World Tour Super 500 yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Sabtu (16/11). Jonatan pun mengakui bila Anthony tampil lebih berani pada pertarungan kali ini.

Mengawali duel keenam ini, Jonatan harus lebih dulu tertinggal 1-11 dari Anthony di game pertama. Perlahan tapi pasti, Jonatan mulai mengejar ketertinggalan, bahkan pebulutangkis rangking enam dunia ini mampu membuat kedudukan menjadi imbang 20-20. Sayangnya, Jonatan belum berhasil memenangi pertarungan adu setting yang berakhir dengan skor 20-22 untuk Anthony.

Memasuki game kedua, Jonatan tampil begitu menguasai jalannya permainan. Ia bahkan mampu memimpin perolehan angka dengan cukup jauh. Sebaliknya, Anthony justru banyak melakukan kesalahan sendiri.

Pada pertarungan di game penentu. Sebetulnya Jonatan sudah unggul 13-6. Namun kali ini giliran Anthony yang mampu menyusul dan menyamakan kedudukan menjadi 18-18. Setelah itu, raihan poin Jonatan pun terkunci di angka 18, sementara Anthony berhasil mendulang tiga poin beruntun untuk menutup pertandingan dengan kemenangan sekaligus memastikan tiket ke babak final Hong Kong Open 2019 BWF World Tour Super 500, berkat permainannya yang lebih agresif.

“Di akhir permainan, Anthony memang lebih berani, saya sudah mengeluarkan yang terbaik. Saya harus banyak belajar lagi, tadi salah di keputusan terakhir. Pemain top 10 itu kalau ketemu, faktor menangnya juga tergantung keberanian di lapangan, tadi saya akui memang Anthony lebih berani, ungkap Jonatan Christie usai bertanding.

Dengan kekalahan ini, maka catatan head to head Jonatan dan Anthony menjadi sama kuat 3-3. Padahal, pada pertemuan sebelumnya di babak final Autralian Open 2019 BWF World Tour Super 300, Juni lalu, Jonatan mampu memetik kemenangan dengan skor 21-17, 13-21 dan 21-14.