Greysia/Apriyani Batal ke Semifinal Lantaran Kalah ‘Head to Head’

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berusaha menggapai pengembalian. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berusaha menggapai pengembalian. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Greysia Polii/Apriyani Rahayu harus mengubur harapannya untuk bisa lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2020 Bangkok usai dikalahkan ganda putri Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean pada laga pamungkas fase penysihan Grup A. Greysia/Apriyani kalah straight game dengan skor 13-21 dan 17-21 lewat pertandingan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Jumat (29/1).

Sebetulnya Greysia/Apriyani sudah mengantongi dua kemenangan pada laga sebelumnya. Tapi sayangnya, secara hitungan perolehan jumlah kemenangan, jumlah game dan jumlah poin, pasangan andalan Indonesia itu harus kalah head to head dari Chow/Lee. Sebab, Chow/Lee juga memiliki catatan yang sama dengan Greysia/Apriyani.

Chow/Lee mengaku sangat senang bisa mengalahkan ‘jagoan’ Indonesia itu dan lolos ke semifinal. “Penampilan kami hari ini sangat bagus dan kami bisa terus memberikan tekanan terhadap mereka (Greysia/Apriyani). Kami tidak mudah membuat kesalahan. Di pertandingan tadi kami tidak memikirkan menang atau kalah, kami hanya ingin memberikan tekanan kepada mereka dengan serangan dan rotasi permainan,” kata Chow Mei Kuan kepada Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

“Greysia dan Apriyani memiliki pertahanan yang bagus. Kami mengikuti permainan mereka dan kemudian melepaskan serangan balik. Kami bermain baik di game pertama. Kepercayaan diri kami meningkat begitu menang di game pertama. Saya pikir kami harus meningkatkan mental pertandingan kami di babak semifinal (besok). Kami tidak pernah menyerah,” sambung Lee Meng Yean menambahkan.

Dengan hasil ini, maka Greysia/Apriyani harus finis di posisi ketiga klasemen Grup A. Sementara Chow/Lee, keluar sebagai runner up. Sedangkan status juara Grup A dipegang ganda putri Korea, Lee So Hee/Shin Seung Chan.