(Denmark Open) Perjuangan Harus Terhenti

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja bersiap menghadang serangan.
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja bersiap menghadang serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Odense | Langkah Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di kejuaraan Denmark Open 2018 BWF World Tour Super 750 harus terhenti usai ditundukkan pasangan ganda campuran Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock dalam pertarungan dua game langsung 12-21 dan 18-21 pada pertandingan yang berlangsung di Odense Sports Park, Kamis (18/10).

Pasangan suami-isteri Adcock ini tampil lebih berani sejak pertandingan dimulai. Bahkan, Chris/Gabrielle menerapkan strategi khusus dengan mengajak Hafiz/Gloria bermain reli. "Kami kalah di ketahanan, mereka lebih siap untuk main reli. Lebih berani dan konsisten di lapangan," ujar Hafiz Faisal setelah pertandingan. 

Hafiz langsung mengevaluasi penampilannya hari ini. Pasangan peringkat 11 dunia ini mengatakan jika mereka harus bisa tampil lebih konsisten pada pertandingan-pertandingan berikutnya, khususnya dalam hal ketahanan di lapangan. "Buat kedepannya kita harus lebih maksa untuk lebih tahan, kalau bisa tahan seperti tadi, ambil poinnya enak. Kalau sudah kuat, ngatur poinnya enak, kalau setengah-setengah agak susah," ungkapnya.

Pertandingan hari ini menjadi pertemuan kedua bagi Hafiz/Gloria dan Chris/Gabrielle. Pada pertemuan sebelumnya di Thailand Masters 2018, pasangan ganda campuran Indonesia menang mudah 21-12 dan 21-12. Dengan hasil ini rekor pertemuan keduanya menjadi imbang 1-1.

"Di Thailand kondisi lapangannya membuat pola permainan kami berdua beda dengan pertandingan kali ini, maksudnya dari segi angin dan shuttlecock. Di game kedua kami sudah mengubah permainan dari maksa adu depan jadi banyak mengarahkan bola ke belakang," kata Gloria.

Untuk sementara, Indonesia berhasil mengirimkan satu wakilnya ke babak perempat final Denmark Open 2018 BWF World Tour Super 750 lewat pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. The Minions menang dua game langsung atas wakil Jerman, Mark Lamfuss/Marvin Emil Seidel, dengan skor 21-17 dan 21-14. Sedangkan Tommy Sugiarto harus menyerah 21-13, 16-21 dan 9-12 atas unggulan keenam asal Korea, Son Wan Ho.