Dampak Positif Bertanding di Eropa

Tim PB Djarum (PB Djarum)
Tim PB Djarum (PB Djarum)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | PB Djarum mengirimkan 11 atletnya ke berbagai turnamen di Eropa, yakni Stockholm Junior International Series 2022, Luxembourg Open International Series 2022, dan Borders International U19. Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi mengatakan, kesempatan bertanding di luar negeri khususnya di Eropa memiliki dampak positif yang sangat besar bagi pebulu tangkis muda.

Di tiga turnamen yang diikuti, menurut Fung, mereka akan menghadapi lawan dengan postur tubuh yang lebih besar dan tenaga yang lebih kuat. Hal ini tentunya menguji kecerdasan atlet muda agar mampu menyusun strategi permainan demi keluar sebagai juara.

"Dengan mengikuti ini, mereka akan tahu seberapa kerasnya persaingan bulu tangkis di luar sana. Ini bagus agar mental mereka terbentuk sehingga tak gentar dan percaya diri menghadapi lawan yang posturnya lebih besar dan pukulannya lebih kuat," jelasnya, dalam siaran pers PB Djarum, Selasa (26/4).

"Namun, tetunya kami berikan mereka pembekalan yang cukup mulai dari penajaman saat latihan, pembentukan psikologis, strategi main hingga solusi saat menghadapi kesulitan di lapangan," Fung, menambahkan.

Satu hal yang diwanti-wanti Fung kepada anak didiknya adalah jangan sampai merasa rendah diri ketika berhadapan dengan lawan yang berbeda ras. Untuk itu, para atlet muda harus memiliki pola pikir yang berorientasi pada strategi mengalahkan lawan di lapangan dan kepercayaan diri yang tinggi guna menjaga mentalitas saat bertanding.

"Kalau hal tersebut dimiliki, tidak ada alasan untuk kalah," tegas Fung.

Dalam turnamen di Eropa ini, PB Djarum mengirimkan total 11 atlet U-19 yang akan bermain di berbagai sektor, yakni Jason Christ Alexander pada nomor tunggal putra, Chiara Marvella Handoyo, Aura Ihza Aulia (tunggal putri), Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo, Marwan Faza/Verrell Yustin Mulia (ganda putra), Puspa Rosalia Damayanti/Jessica Maya Rismawardani, Bernadine Anindya Wardana/Titis Maulida Rahma, Chiara Marvella Handoyo/Aura Ihza Aulia (ganda putri), Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani, Verrel Yustin Mulia/Bernadine Anindya Wardana, Patra Harapan Rindorindo/Titis Maulida Rahma, Muh Putra Erwiansyah/Puspa Rosalia Damayanti (ganda campuran).

Pada tahun-tahun sebelumnya, klub yang genap berusia 53 tahun pada 28 April 2022 ini juga rajin mengirimkan para pebulu tangkis muda mereka untuk berlaga di berbagai ajang internasional. Pada 2021, klub berpartisipasi di kejuaraan Spain Masters 2021 (BWF World Tour Super 300), Austrian Open 2021 (International Series), Yonex Slovenia International 2021, dan Croatia Valamar Junior Open.

Mundur lagi ke belakang, PB Djarum juga rutin mengirimkan atlet-atlet mudanya untuk berlaga di Dutch Junior Internasional dan German Junior yang dikenal sebagai dua kejuaraan bergengsi level junior di Eropa.