(Caffino Indonesia International Challenge) Zacharia/Hediana Jejaki Semifinal Perdana

Zacharia Joshiano Sumanti/Hediana Julimarbela (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Zacharia Joshiano Sumanti/Hediana Julimarbela (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Magelang | Ganda campuran Indonesia, Zacharia Joshiano Sumanti/Hediana Julimarbela akhirnya berhasil menjejaki partai semifinal perdananya sejak berpasangan dua bulan lalu. Bertanding di GOR Bulutangkis Djarum, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10), Zacharia/Hediana memastikan langkahnya ke babak empat besar Caffino Indonesia International Challenge 2019 setelah berhasil memetik kemenangan 21-19 dan 21-12 atas pasangan Dejan Ferdinansyah/Serena Kani.

“Kalau saya pribadi ada motivasi dari diri karena mau berusaha membuktikan kalau kita bisa dapat hasil terbaik di kejuaraan ini, supaya bisa kaya yang lain. Jadi saya pribadi semangat banget. Semoga saja bisa konsisten dan lebih baik lagi,” ujar Zacharia Joshiano Sumanti kepada Djarumbadminton.com.

Meski menang dalam pertarungan dua game langsung, namun Zacharia/Hediana mengaku harus susah payah menemukan irama permainan yang tepat di game pertama.

“Di game pertama kita merasa ada beberapa pukulan yang masih kurang pas. Sebetulnya bola-bola lawan nggak terlalu berbahaya, tapi karena kitanya sedikit panik jadi kadang mati sendiri. Lawan juga kayanya nothing to lose mainnya,” tutur Zacharia.

“Kalau saya merasa di game pertama tadi seperti masih terburu-buru, jadi kurang tenang saja mainnya. Untungnya masih bisa dapat di game pertama,” sambung Hediana Julimarbela menambahkan.

Memasuki game kedua, penampilan Zacharia/Hediana semakin membaik. Pasangan yang baru berduet bulan lalu di ajang Vietnam Open 2019 BWF Tour Super 100 ini mampu menguasai jalannya permainan di game kedua. “Di game kedua kita sudah bisa membaca pola main lawan, jadi bisa leluasa saja mainnya,” kata Hediana.

“Ya, baru di game kedua kita mulai menemukan pukulan yang pas, jadi enak saja mainnya, mau gimana juga jadi nyaman. Terus kita juga jadi lebih percaya diri karena sudah menang di game pertama,” lanjut Zacharia.

Selanjutnya, di babak semifinal Caffino Indonesia International Challenge 2019, Zacharia/Hediana akan berhadapan dengan unggulan dua asal Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. “Untuk besok yang penting fight saja, jangan lihat siapa lawannya yang penting main maksimal. Kita juga nggak mau terlalu mikir menang atau kalah, intinya semangat saja,” tutup Zacharia.

Sementara itu, Gelar juara di sektor ganda campuran sudah dipastikan menjadi milik tuan rumah setelah meloloskan empat wakilnya ke babak semifinal Caffino Indonesia International Challenge 2019. Selain Zacharia/Hediana dan Rehan/Lisa, partai semifinal lainnya juga akan mempertemukan dua ganda campuran Indonesia, yakni Rian Agung Saputro/Tiara Rosalia Nuraidah dan Mohammad Rezky Alfarez/Nahla Aufa Dhia Ulhaq.

Rian/Tiara lolos ke empat besar berkat kemenangan 21-14 dan 21-15 atas pasangan Filipina, Peter Gabriel Magnaye/Thea Marie Pomar. Sedangkan Rezky/Nahla melangkah ke semifinal usai mengalahkan Ghifari Anandaffa Prihardika/Indah Cahya Sari Jamil dengan skor skor 21-19 dan 21-14.