(BWF World Tour Finals) Ganda Campuran Dapat Undian ‘Buruk’

Hasil undian BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou di sektor ganda campuran.
Hasil undian BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou di sektor ganda campuran.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Guangzhou | Hasil undian BWF World Tour Finals 2019 menjadi mimpi buruk bagi sektor ganda campuran Indonesia. Kedua wakilnya, yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, secara bersamaan harus berada di Grup B. Kedua ganda campuran Indonesia ini akan menghuni Grup B bersama dengan pasangan tuan rumah, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dan pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

“Bisa dibilang hasil undian ini jelek, sangat merugikan buat kita dan tidak memuaskan. Grup B ini saya lihat sangat berat, beda bila dibandingkan dengan Grup A. Tapi namanya juga drawing, kita juga nggak bisa milih, jadi mau nggak mau harus siap,” kata Pelatih Ganda Campuran PBSI, Nova Widianto di LN Garden Hotel, Guangzhou, Senin (/12).

“Kita usahakan setidaknya harus ada satu wakil kita yang bisa lolos ke semifinal, walaupun dua pemain kita harus saling mengalahkan di lapangan. Semoga saja semuanya berjalan dengan baik,” sambung Nova menambahkan.

Lebih lanjut Nova mengatakan bila kedua anak asuhannya masih punya peluang yang sama untuk bisa lolos dari fase penyisihan Grup B. “Tapi saya yakin di sini mereka bisa melewatinya. Dan Hafiz/Gloria juga kan punya persiapan yang panjang untuk kejuraan ini. Jadi saya harap mereka bisa dapat hasil maksimal di sini. Ya minimal bisa lolos fase penyisihan grup,” tuturnya.

“Ini juga jadi kesempatan untuk Hafiz/Gloria untuk mendapatkan poin supaya rangkingnya bisa naik sebelum Olimpiade 2020 nanti. Dan saya harap di awal tahun depan mereka sudah masuk rangking delapan dunia,” tutup Nova.

Sementara itu, menanggapi hasil undian, Gloria Emanuelle Widjaja mengatakan harus siap apapun kondisinya. “Kita punya persiapan yang cukup dan sudah melakukan evaluasi dari pertandingan-pertandingan sebelumnya. Di turnamen ini kita terus mengasah fokus dan konsistensi di lapangan, gimana caranya mengurangi kesalahan-kesalahan kecil. Semoga saja hasilnya bisa maksimal,” kata Gloria.

 

Berikut Rekap Head to Head penghuni Grup B Ganda Campuran BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou:

  • Praveen Jordan/Melati Daeva vs Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja: 4-1
  • Praveen Jordan/Melati Daeva vs Zheng Siwei/Huang Yaqiong: 2-6
  • Praveen Jordan/Melati Daeva vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino: 2-1
  • Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja vs Zheng Siwei/Huang Yaqiong: 1-4
  • Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino: 1-3