BWF Hilangkan Nama Lee Chong Wei

Ekspresi Lee Chong Wei (Malaysia).
Ekspresi Lee Chong Wei (Malaysia).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Nama mantan pebulutangkis tunggal putra nomor satu dunia, Lee Chong Wei telah resmi dihapus Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dari tangga ranking dunia atau daftar pebulutangkis aktif dunia sejak Kamis (20/6). Dengan demikian, data statistik ataupun rekam jejak Lee Chong Wei di situs resmi www.bwfbadminton.com otomatis sudah tidak lagi ada. Namun BWF tetap menyisakan sebuah profil singkat dan beberapa galeri foto dari pemegang gelar tiga kali medali perak Olimpiade ini.

Lee Chong Wei memutuskan untuk gantung raket dari dunia yang membesarkan namanya itu di usia 36 tahun lantaran alasan kesehatan, tepatnya pada 13 Juni 2019 lalu. Saat memutuskan pensiun, pebulutangkis kebanggaan Malaysia ini juga tak lupa menyampaikan kata-kata perpisahannya.

“Rakan sekalian, Selamat Hari Raya dan Salam sejahtera. Saya ingin meminta maaf Sebab saya sudah tidak mampu lagi bermain badminton untuk negara dan anda semua. Doktor menasihatkan saya bahwa risiko kanser kembali agak tinggi sekiranya saya berlatih dengan intensiti seperti dulu.

Ya, Tokyo 2020 tidak kesampaian. Tetapi, saya rasa saya akan meninggalkan arena Badminton tanpa kekesalan. Dari kecil, impian saya memang nak mewakili negara ini. Dan rasanya, saya dah berjaya. Perasaan berdiri di podium, melihat bendera dinaikkan dan mendengar lagu Negaraku sememangnya akan dirindui.

Jangan risau sangat atas pengunduran Diri Saya Kerana kita mempunyai Barisan pelapis Yang kuat. Saya yakin dia orang boleh! Terima kasih kawan kawan. Minta maaf atas mana mana Yang tak sempurna dalam karier sukan saya. Dah tiba masa untuk kuda tua ini berehat. Terima kasih.” tulis Lee Chong Wei dalam keputusan pensiunnya, sebagaimana dikutip dari Viva.co.id.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Lee Chong Wei gantung raket karena divonis mengidap kanker hidung. Penyakit itu mulai terdeteksi sejak Juli 2018 lalu, atau saat berlaga di ajang Blibli.com Indonesia Open 2018 BWF World Tour Super 1000.

Sepanjang kariernya, Lee Chong Wei tercatat sudah mengoleksi tiga medali perak Olimpiade, tiga medali perak Kejuaraan Dunia, 47 gelar juara BWF Superseries dan dua medali emas Kejuaraan Asia.