BATC 2022 - Dikarantina, Pramudya Lahap Buku Nonfiksi

Pramudya Kusumawardana (Humas PP PBSI)
Pramudya Kusumawardana (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Selain tetap berlatih fisik ringan di kamar selama menjalani masa karantina sebelum bertanding di Kejuaraan Asia Beregu 2022, Pramudya Kusumawardana memanfaatkan waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah. Pasalnya, selain atlet, pebulutangkis ganda ini juga adalah seorang mahasiswa. Ganda putra Indonesia ini juga tetap meneruskan hobi membaca buku. "Thinking, Fast and Slow" menjadi buku bacaannya saat karantina.

"Buku yang sedang saya baca sekarang judulnya 'Thinking, Fast and Slow' karya Daniel Kahneman," tutur mahasiswa sementer lima jurusan Bisnis Manajemen, Universitas Trisakti Jakarta ini, dalam siaran pers Humas PP PBSI, Rabu (9/2).

Memang, banyak cara dilakukan para pebulu tangkis Indonesia selama menjalani karatina sebelum bertarung. Selain membaca buku seperti Pramudya, ada yang tetap belajar secara daring, mengaji, atau menonton.

Semua kegiatan tersebut dilakukan anggota skuad "Garuda Muda" untuk mengusir rasa jenuh selama lima hari masa karantina. Maklum, sejak mulai menginap di Hotel Sunway Clio, Selangor, Malaysia, Senin (7/2) malam, mereka tidak bisa keluar dari kamar masing-masing.

Kegiatan membaca buku juga dilakukan oleh Febriana Dwipuji Kusuma alias Ana. Kalau sudah bosan menonton, Ana lantas tenggelam ke dalam buku yang diboyongnya dari Jakarta. "Baca buku itu untuk menambah ilmu dan pengetahuan," tuturnya.

Kegiatan lain yang dilakukan pemain adalah mengaji. Ini dilakukan Lanny Tria Mayasari usai berlatih dan menonton. Saban hari, Lanny menyempatkan diri untuk membaca ayat-ayat suci. "Biar menambah pahala," kata atlet ganda putri tersebut.

Usai menjalani karantina mandiri, para pemain Indonesia langsung terjun ke Kejuaraan Asia Beregu 2022 yang digelar di Selangor, Malaysia, pada 15-20 Februari.