BAM Bakal Terapkan Aturan Ketat di Pelatnas

Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia).
Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) akan menerapkan aturan yang lebih ketat dari biasanya setelah kembali memulai pemusatan latihan nasional (Pelatnas) pada 1 Juni mendatang. Bila mendapat lampu hijau dari otoritas kesehatan Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing cs akan mulai berlatih sesuai yang direncanakan. Pasalnya, sejak pertengahan Maret lalu, tim nasional bulutangkis Malaysia belum menjalani latihan karena adanya aturan penguncian dan pembatasan sosial di negaranya.

Direktur BAM, Wong Choong Hann mengatakan bila Pelatnas Malaysia siap menerapkan aturan baru yang lebih ketat demi mencegah penyebaran virus. Salah satunya dengan cara para atlet tidak boleh meninggalkan area latihan di Akademi Bulutangkis Malaysia selama dua pekan atau 14 hari sejak latihan dimulai. Dikatakan Wong, para atlet di Pelatnas juga akan berlatih dalam kelompok-kelompok kecil.

“Ini semua soal disiplin. Awal-awal latihan akan terasa sulit karena ada peraturan baru. Mungkin para pemain akan merasa tidak nyaman, tetapi mereka harus tahu BAM melakukan ini demi keamanan dan kebaikan mereka,” kata Wong Choong Hann dikutip BolaSport.com dari The Star.

Lebih lanjut Wong menuturkan bila BAM hanya berencana menggunakan beberapa dari 18 lapangan yang tersedia. “Akan ada jarak sekitar dua meter antara lapangan. Seharusnya para pemain tidak akan kesulitan melakukan pembatasan sosial di dalam lapangan,” ujarnya.

“BAM juga akan memasang rute berbeda dari tempat penginapan atlet ke tempat latihan. Tiap kelompok akan menggunakan rute yang berbeda,” sambungnya menambahkan.

Wong juga memastikan, kelompok pertama yang akan menjalani latihan di Pelatnas adalah mereka yang diproyeksikan untuk Olimpiade Tokyo 2020 tahun depan. Selain itu, para pemain ini juga bakal dipersiapkan untuk putaran final Piala Thomas dan Uber 2020 yang akan berlangsung di Aarhus, Denmark pada 3 hingga 11 Oktober mendatang.

“Setelah kami puas dengan progres kelompok pertama, BAM akan memulai latihan dengan kelompok kedua. BAM juga akan memonitor staf pendukung seperti pelatih fisik hingga petugas kebersihan,” tandasnya.