(Badminton Asia Championships) Rizki/Della Batal ke Final

Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (Indonesia) menghadang serangan.
Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (Indonesia) menghadang serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris harus mengubur harapannya untuk bisa lolos ke partai puncak Badminton Asia Championships 2019 setelah dipaksa menyerah 20-22 dan 12-21 atas pasangan ganda putri tuan rumah, Chen Qingchen/Jia Yifan dalam pertarungan semifinal yang berlangsung di Wuhan Sport Center, Sabtu (27/4). Meski begitu, ini menjadi kekalahan pertama bagi Rizki/Della atas Chen/Jia dari empat kali pertemuan.

Laga ketat dipertontonkan kedua pasangan pada game pertama. Rizki/Della memang cocok dengan pola permainan yang dimiliki Chen/Jia. Namun memasuki game kedua, penampilan Rizki/Della cenderung merosot. Mereka banyak melakukan kesalahan sendiri dan terlalu jauh untuk mengejar perolehan angka. Dengan demikian, kali ini Rizki/Della harus mengakui keunggulan pasangan ganda putri peringkat empat dunia itu.

“Lawan mempercepat tempo permainan, mereka bisa langsung in dan kita tidak bisa langsung in. Kita kurang bisa memainkan tempo. Harusnya lebih mengatur tempo, seperti pada pertemuan-pertemuan kita sebelumnya,” jelas Della Destiara Haris usai pertandingan.

Sementara itu, Rizki Amelia Pradipta mengatakan bila Chen/Jia tengah berada di atas angin lewat penampilannya belakangan ini yang terus menunjukkan perkembangan positif.

“Pada game kedua, lawan tampil lebih percaya diri karena sudah menang di game pertama. Waktu di game pertama, mereka main lebih hati-hati. Kita merasa belum tampil maksimal hari ini, mereka sedang percaya diri karena akhir-akhir ini penampilan mereka sedang bagus,” kata Rizki.

Dengan hasil ini, maka Indonesia hanya menyisakan satu wakilnya ke babak final Badminton Asia Championships 2019 melalui pasangan ganda putra peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.