(Badminton Asia Championships) Endo/Watanabe: The Minions Belum 100%

Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang) mengembalikan shuttlecock.
Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang) mengembalikan shuttlecock.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Podium tertinggi di nomor ganda putra Badminton Asia Championships 2019 sukses dibawa pulang pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe lewat kemenangan dua game langsung atas wakil Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dengan skor 21-18 dan 21-3. Endo/Watanabe akhirnya bisa merobohkan tembok kokoh Kevin/Marcus setelah pada dua pertemuan sebelumnya selalu berakhir dengan kekalahan.

Pada pertemuan pertama di French Open 2018 BWF World Tour Super 750, Kevin/Marcus menang dengan skor 21-14 dan 22-20. Pun demikian dengan pertemuan kedua di ajang Hong Kong Open 2018 BWF World Tour Super 500, Kevin/Marcus kembali memupuskan harapan Endo/Watanabe lewat kemenangan 21-14 dan 21-15.

Kali ini, meski bisa memenangkan pertandingan di pertemuan ketiga mereka sekaligus meraih gelar juara di ajang Badminton Asia Championships 2019, namun Endo/Watanabe menilai bila penampilan The Minions pada laga final ini masih belum mencapai seratus persen.

“Bisa mengalahkan Kevin/Marcus di final adalah hal yang sangat penting buat kita. Tapi kita sadar kalau mereka sedang tidak tampil seratus persen. Jadi, yang paling penting itu adalah pertemuan kita selanjutnya, apakah kita bisa menang lagi dari mereka atau tidak?” kata Hiroyuki Endo.

Sementara itu, Yuta Watanabe mengatakan bila Kevin/Marcus kehilangan konsentrasi di sepanjang pertandingan. “Dalam pertandingan tadi kita hanya mencoba untuk terus mengembalikan bola saja. Mungkin karena tidak bisa menembus pertahanan kita, Kevin/Marcus sepertinya frustrasi dan mereka kehilangan konsentrasi, ungkap Watanabe usai pertandingan.

Dengan hasil ini, Negeri Sakura Jepang sukses memboyong tiga gelar juara dari lima nomor yang diperebutkan pada ajang Badminton Asia Championships 2019. Selain dari ganda putra, dua gelar juara lainnya berhasil dipersembahkan sektor tunggal putra Kento Momota dan tunggal putri Akane Yamaguchi. Sedangkan tuan rumah Tiongkok, sukses menyabet gelar juara di nomor ganda putri dan ganda campuran.