(Badminton Asia Championships) Dua Ganda Putra ke 16 Besar

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) bersiap menghadang pengembalian.
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) bersiap menghadang pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Dua pasangan ganda putra Indonesia, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil memenangi laga perdana mereka sekaligus mengamankan satu tempat di babak kedua Badminton Asia Championships 2019. Wahyu/Ade menang atas wakil Sri Lanka, Dinuka Karunaratna/Niluka Karunaratne dengan skor 21-19 dan 21-12. Sedangkan Hendra/Ahsan berhasil mengandaskan perlawanan pasangan Taiwan, Liao Min Chun/Su Ching Heng.

Bertanding di Wuhan Sport Center, Rabu (24/4), Wahyu/Ade menjadi wakil ganda putra Indonesia pertama yang berhasil melangkah ke babak dua. Setelah itu, Hendra/Ahsan menyusul lewat kemenangan 21-15 dan 21-16 atas Liao/Su.

“Walaupun menang dua game langsung tapi tadi nggak mudah juga. Kita nggak tahu, mungkin mereka tidak bisa mengeluarkan permainan mereka. Biasanya mereka sulit untuk dimatikan. Di pertandingan tadi mereka banyak melakukan kesalahan sendiri,” kata Hendra Setiawan selepas pertandingan.

Di sisi lain, Mohammad Ahsan mengatakan bila penampilannya hari ini sudah sesuai dengan harapan dan berjalan dengan baik. Selain itu, Ahsan juga mengaku sudah cukup beradaptasi dengan kondisi lapangan dan shuttlecock.

“Di pertandingan pertama tadi kita lebih banyak ke penyesuaian kondisi lapangan. Semuanya normal sih, anginnya tidak terlalu berasa, tapi shuttlecock nya agak pelan,” tutur Ahsan.

Lolos ke babak dua Badminton Asia Championships 2019 Hendra/Ahsan akan berhadapan dengan pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Ini akan menjadi pertemuan keempat bagi Hendra/Ahsan dan Aaron/Soh. Terakhir bertemu, keduanya saling bentrok di partai final All England 2019 BWF World Tour Super 1000. Saat itu The Daddies menang 11-21, 21-14 dan 21-12 dan menyabet gelar juara.

“Untuk besok, kita coba main yang terbaik dulu. Kita sudah pernah bertemu mereka dan sudah tahu permainannya seperti apa,” tutup ganda putra peringkat empat dunia itu.

Sementara itu, Wahyu/Ade akan berhadapan dengan unggulan kelima asal Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang menang 21-12 dan 21-15 atas wakil Thailand, Tinn Isriyanet/Kittisak Namdash.