(Asian Games 2018) Secercah Harapan Srikandi Indonesia

Fitriani. (Photo: PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung
Gregoria Mariska Tunjung (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim putri Indonesia yang tampil dalam perhelatan akbar Asian Games 2018 akan berjumpa Korea di babak perempat final beregu putri, Senin (20/8). Kesuksesan pasukan Merah-Putih dalam membungkam tim putri Hongkong dengan kemenangan telak 3-0 di babak 16 besar, menimbulkan secercah harapan dan modal penting bagi para Srikandi Indonesia untuk menghadapi pasukan Negeri Ginseng.

Tiket perempat final beregu putri Asian Games 2018 berhasil dipersembahkan Indonesia lewat penampilan apik Gregoria Mariska Tunjung, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Fitriani. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti mengatakan bila tim beregu putri Indonesia memiliki modal kepercayaan diri demi menghadapi pertandingan selanjutnya.

Tim putri sudah berjuang dengan baik, mereka menunjukkan semangat untuk menang, khususnya tunggal putri yang selama ini agak kurang dalam prestasi. Sebelumnya kami perkirakan kalau menang itu skornya 3-1 atau 3-2,” kata Susy.

Modal kepercayaan diri ini disebut Susy sebagai salah satu kunci penting bagi tim putri Indonesia untuk melanjutkan tren positif dalam gelaran Asian Games 2018. Indonesia berada di posisi kelima dalam daftar unggulan, sementara Korea menduduki unggulan keempat.

Meski di atas kertas Korea lebih diunggulkan dari Indonesia, namun semangat kepercayaan diri Greysia Polii cs tidak akan mudah dipatahkan. "Kemenangan hari ini atas Hong Kong menjadi modal untuk pertandingan berikutnya melawan Korea. Peluang melawan Korea saya rasa cukup imbang 50-50," tutup peraih medali emas olimpiade Barcelona 1992 itu.

Tim putri Indonesia diperkirakan bakal menurunkan Gregoria Mariska di sektor tunggal pertama. Gregoria yang menduduki ranking 22 dunia diprediksi akan bersua dengan pebulutangkis peringkat sembilan dunia, Sung Ji Hyun. Pada pertemuan terakhir keduanya di ajang Thailand Open 2015, Gregoria harus mengakui keunggulan Sung Ji Hyun. Meski demikian, Gregoria memiliki modal kepercayaan diri demi menghadapi wakil Korea tersebut.

Sementara itu, peluang terbaik diprediksi dari sektor ganda pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Pasangan peringkat empat dunia ini diperkirakan bakal berjumpa Lee So Hee/Shin Seung Chan. Secara head to head, Greysia/Apri punya rekor ciamik kala bersua pasangan peringkat delapan dunia itu. Greysia/Apri tercatat unggul 2-0. Pertemuan terakhir keduanya terjadi pada ajang Daihatsu Indonesia Master 2018 lalu. Saat itu, Greysia/Apriyani berhasil meringkus Lee/Shin dengan kemenangan 21-11, 17-21 dan 21-17.

Pertandingan akan dilangsungkan Senin (20/8), pada pukul 09.00 WIB. Sedangkan siang harinya pukul 14.00 WIB, tim putra Indonesia akan berhadapan dengan India. Siaran langsungnya dapat disaksikan di stasiun TV Indosiar.