(Asian Games 2018) Lanjutkan Tren Positif

Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (Foto: PBSI)
Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim putri Indonesia sukses melanjutkan tren positif dengan memastikan tiket ke babak semifinal beregu Asian Games 2018 usai memastikan kemenangan 3-1 atas Korea, lewat pertarungan yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Senin (20/8). Pasangan ganda Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris menjadi kunci kemenangan Indonesia atas Korea yang diwakili Kim Hye Rin/Baek Ha Na melalui pertandingan dua game langsung dengan skor 21-19 dan 21-15.

Pada partai semifinal besok (21/8), pasukan srikandi Indonesia sudah dinanti tim putri Jepang yang telah lebih dulu memastikan diri lewat kemenangan 3-1 atas India. Hasil manis ini pastinya menjadi bekal penting untuk Greysia Polii cs demi menghadapi pasukan Negeri Sakura.

Penampilan ciamik Rizki/Della memaksa pasangan Korea tidak mampu mengembangkan permainan. "Tentunya senang, rasanya luar biasa. Tegang itu pasti ada, cuma kami memilih untuk menikmati permainan. Biasanya pemain Korea sering menempatkan bola ke arah memanjang ke belakang, pelatih sudah mengingatkan kami untuk jaga di bagian ini, sudah kami antisipasi," jelas Rizki Amelia Pradipta.

Rizki menambahkan, dirinya cukup optimis melihat peluang Indonesia bisa melaju ke babak semifinal Asian Games 2018 ini. "Dibanding unggulan lain, kami rasa Korea memang paling ada celahnya, jadi kami tidak mau menyia-nyiakan kesempatan," pungkasnya.

Sementara itu, seperti yang sudah diketahui sebelumnya, poin pertama untuk tim Indonesia disumbangkan Gregoria Mariska Tunjung lewat kemenangannya atas tunggal putri pertama andalan Korea, Sung Ji Hyun, dengan skor 21-13, 8-21 dan 21-18. Greysia Polii/Apriyani Rahayu turut mempersembahkan poin kedua bagi Indonesia atas kemenangan yang direbut dari Lee So Hee/Shin Seung Chan dengan skor 21-18 dan 21-17.

"Sudah biasa kalau lawan mereka memang selalu berlangsung dengan ketat, otomatis kami lebih siap. Yang kami pikirkan cuma kami bisa menyumbang satu poin saja untuk Indonesia. Tadi kami cuma mencoba untuk mengendalikan tempo permainan, lebih tenang lagi,” papar Greysia Polii selepas pertandingan.

Di sisi lain, satu partai semifinal lainnya akan mempertemukan Thailand dengan juara bertahan tim putri Asian Games, Tiongkok. Pasukan negeri Gajah Putih memperoleh tiket semifinal usai mengalahkan Taiwan dengan skor 3-0. Sedangan negeri Tirai Bambu sukses melaju tanpa hambatan usai membungkam Maldives dengan skor telak 3-0.

Hasil Pertandingan tim Putri Indonesia vs Korea:

Gregoria Mariska Tunjung vs Sung Ji Hyun 21-13, 8-21, 21-18

Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Lee So Hee/Shin Seung Chan 21-18, 21-17

Fitriani vs Lee Se Yeon 14-21, 21-8, 18-21

Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta vs Baek Ha Na/Kim Hye Rin 21-19, 21-15

Ruseli Hartawan vs An Se Young (tidak dimainkan).