Anthony Tampil Tanpa Kendala di Laga Pembuka

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting menghadang pengembalian lawan. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting menghadang pengembalian lawan. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim bulutangkis Indonesia kembali meloloskan wakilnya ke babak 16 besar Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 lewat tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting. Tanpa kendala serius, Anthony berhasil mengunci kemenangan straight game atas wakil India, Sourabh Verma dengan skor 21-16 dan 21-11 pada pertandingan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Selasa (19/1). Butuh waktu 36 menit bagi Anthony menuntaskan laga pembuka ini dengan kemenangan. Hasil ini juga sekaligus memperpanjang catatan kemenangan Anthony atas Verma menjadi 3-0.

“Puji Tuhan hari ini saya bisa menyelesaikan pertandingan dan tidak mengalami cedera apapun. Dari awal pertandingan dimulai, saya bisa terus mengendalikan jalannya permainan. Sekarang saya akan mempersiapkan diri untuk babak berikutnya, karena lawan berikutnya pasti akan lebih tangguh. Saya harus lebih fokus dan melupakan apa yang terjadi minggu lalu. Sekarang saya merasa baik,” kata Anthony Sinisuka Ginting usai bertanding kepada Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Sementara itu, meski kalah dua game langsung, Verma tak segan mengakui keunggulan Anthony yang mampu tampil lebih baik dan bermain lebih cepat.

“Ini adalah pertandingan yang bagus, dia (Anthony) bermain dengan sangat baik. Saya mencoba untuk tetap fokus pada strategi saya, tapi dia terlalu bagus dan sangat cepat hari ini. Kondisi di pengadilan rumit, di satu sisi lambat dan satu sisi lainnya lebih cepat. Saya memilih sisi yang lebih lambat tetapi Anthony bermain sangat baik hari ini,” ungkap Sourabh Verma.

Lolos ke babak dua Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, tunggal putra nomor enam dunia ini akan berhadapan dengan pemenang duel antara Mark Caljouw dari Belanda dan wakil Hong Kong, Lee Cheuk Yiu yang baru akan bertanding sore nanti.

Bila bertemu dengan Caljouw, Anthony pernah memetik kemenangan 21-9 dan 21-17 saat berlaga di ajang Blibli Indonesia Open 2018 BWF World Tour Super 1000. Sedangkan jika bentrok dengan Lee, Anthony punya kesempatan untuk membalaskan dendamnya ketika mengalami kekalahan pahit di partai final Hong Kong Open 2019 BWF World Tour Super 500.

Bila berjalan sesuai harapan, Anthony punya kemungkinan bertemu dengan Shesar Hiren Rhustavito di babak perempat final nanti (21/1). Dan jika itu terjadi, maka satu tiket babak semfinal Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 dipastikan menjadi miliki salah satu wakil tunggal putra milik Indonesia.