Anthony dan Jojo Absen di French Open 2021

Anthony Sinisuka Ginting (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Anthony Sinisuka Ginting (Badminton Photo/Yves Lacroix)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Habisnya wakil Indonesia di babak perempat final dan semifinal Denmark Open 2021 membuat PP PBSI wajib melakukan evaluasi sebagai persiapan jelang French Open 2021 pada 26-31 Oktober 2021. Namun, turnamen yang bakal menghadirkan sejumlah pemain papan atas itu, dipastikan tidak diikuti dua tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Anthony dan Jojo --sapaan Jonatan-- masih menjalani pemulihan setelah diterpa cedera. Cedera dialami Anthony saat melawan tunggal putra Denmark Viktor Axelsen di babak semifinal Piala Thomas 2020. Sementara cedera yang dialami Jojo terjadi pada partai final melawan Li Shi Feng asal China.

"Ginting dan Jojo tidak melanjutkan tampil ke turnamen Prancis Terbuka karena cedera. Ginting cedera saat lawan Axelsen di semifinal. Sementara Jojo cedera di final lawan Li Shi Feng. Mereka ngotot dan tetap memaksakan diri saat bertarung di final." kata asisten pelatih tunggal putra Indonesia Irwansyah, melalui keterangan pers Humas dan Media PP PBSI.

"Motivasinya demikian besar untuk mengalahkan rasa sakit untuk membawa Indonesia juara Piala Thomas," Irwansyah, menambahkan.

Anthony dan Jojo semula memang sudah dipersiapkan untuk bermain di French Open 2021. Namun, dengan kondisi tersebut, keduanya bakal melewatkan French Open 2021 dan pulang ke Tanah Air. Keduanya akan  diistirahatkan agar bisa tampil di tiga turnamen yang berlangsung di Bali pada pertengahan November hingga Desember mendatang. Ketiga turnamen tersebut di antaranya Indonesia Masters 2021, Indonesia Open 2021, dan BWF World Tour Finals 2021.

"Selanjutnya, Ginting dan Jojo akan kembsli ke Tanah Air dan fokus ke turnamen di Bali," jelas Irwansyah.

Partai final Denmark Open 2021 tak menyisakan satu pun wakil Indonesia. Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva kalah dari pasangan Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, 21-16, 17-21, 20-22. Sementara tunggal putra Tommy Sugiarto kalah dari Kento Momota, unggulan pertama asal Jepang, dengan skor mencolok 7-21, 12-21.