Uber Cup 2024 - Akhir Penantian 14 Tahun

Apriyani Rahayu (Humas PP PBSI)
Apriyani Rahayu (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Chengdu | Indonesia lolos ke semifinal Piala Uber untuk kali pertama sejak edisi 2010 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada Piala Uber 2024, para srikandi bulu tangkis "Merah Putih" meraih tiket babak empat besar, berkat kemenangan 3-0 atas Thailand di partai perempat final ketat, di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Jumat (3/5) siang waktu setempat.

Manajer tim sekaligus Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja mengatakan sangat bangga dengan perjuangan tim bulu tangkis putri Indonesia sehingga bisa lolos ke babak semifinal Piala Uber 2024.

Adapun kemenangan pertama diamankan oleh Gregoria Mariska Tunjung atas Ratchanok Inanton dengan skor 22-20, 21-18. Ganda putra Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menyusul dengan kemenangan 21-17, 21-14 atas Jongkolphan Kitiharakhul/Rawinda Prajongjai.

Di partai ketiga, Ester Nurumi Tri Wardoyo secara dramatis memenangkan laga rubber game sengit atas Supanida Katethong dengan skor 19-21, 21-19, 21-19.

"Luar biasa penampilan tim Uber Indonesia. Secara keseluruhan sangat membanggakan bagaimana Gregoria, Apri/Fadia dan Ester jatuh bangun berjuang di lapangan," kata Ricky, seperti dilaporkan Antara.

"Gregoria menjadi kunci sebagai pembuka jalan. Apri/Fadia menunjukkan kesiapannya dalam bertanding. Dan Ester dengan mental yang benar-benar kuat, ketika stamina sudah terkuras, tinggal bergelut dengan dirinya sendiri dan itu bisa ia lewati," pungkasnya.

Berikut hasil pertandingan perempat final Piala Uber 2024 antara Indonesia dan Thailad:

  • Gregoria Mariska Tunjung vs. Ratchanok Intanon 22-20, 21-18
  • Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs. Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai 21-17, 21-14
  • Ester Nurumi Tri Wardoyo vs. Supanida Katethong 19-21, 21-19, 21-19
  • Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto vs. Nuntakarn Aimsaard/Phataimas Muenwong (tidak dimainkan)
  • Komang Ayu Cahya Dewi vs. Busanan Ongbamrungphan (tidak dimainkan)